Minggu, 28 April 2013

::praktek PKL


BAB I PENDAHULUAN

 A. Latar Belakang

Praktek Kerja Lapangan Praktek kerja lapangan ( PKL ) merupakan kegitan perkuliahan outdoor yang didalam nya terintergal antara teori yang diterima dikelas dengan kegiatan praktek kerja sesunguhnya dilapangan. Kedudukan PKL pada progrm studi Administrasi Bisnis universitas pasir pengaraian termasuk dalam kurikulum inti yang berlaku secara nasional. Kegiatan PKL penulis laksanakan selama lebih kurang dua bulan ( 9 minggu) dimulai dari tanggal 01 oktober s/d 30 november 2012.hasil akhir dari PKL ini berupa laporan PKL yang berisi segala hal yang telah dilakukan selama pelaksanakan PKL di BANK PD .BPR Sarimadu Pasir Pengaraian. Didalam melaksanakna praktek kerja lapangan proses kegiatan kerja yang penulis lakukan selama praktek kerja lapangan yaitu melakukan kegiatan dalam suatu proses kerja diperusahan prosees kerja yang dimaksud meliputi semua kegiatan Administrasi Bisnis, mengamati dan mencatat tahapan kegiatan proses kerja dan mempelajari keterkaitan antara satu proses kerja dengan proses kerja lainnya dan mempelajari perusahaan sebagai organisasi usaha bidang industri jasa dan perdagangan secara utuh. Dalam melaksanakan praktek kerja lapangan penulis menemukan beberpa permasalahan dalam menghadapi kegitan proses kerja diantaranya dibidang pengarsipan, dengan permasalahan yang penulis temukan penulis mendapatkan ilmu yang sebelumnya penulis dapat kan, untuk mengetahui lebih jauhnya mengenai permasalahan yang penulis hadapi penulis menyusunnya didalam sebuah laporan. Dengan adanya kegiatan PKL ini penulis dapat membandingkan antara teori yang telah diterima dikelas dengan praktek sebenarnya dilapangan dan penulis memperoleh pengalaman kerja yang yang cukup banyak serta penulis bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan kerja yang sesunguhnya.selain itu, penulis memperoleh informasi penting berupa data-data perusahaan yang barguna untuk menyusun tugas akhir nantinya. B. Tujuan Praktek Kerja Lapangan Adapun tujuan dari PKL sebagai berikut : 1. memberikan kesempatan pada penulis untuk mengenal dan menimba pengalaman praktek dunia kerja bidang adminstrsi Bisnis. 2. Memberikan kesempatan bagi penulis untuk Mengembangkan wawasan dan menemukan hal yang baru bagi penulis dalam mengenal dunia kerja yang sesunguh nya. 3. Memberi kesempatan pada penulis untuk mengenal dunia Administrasi Bisnis secara utuh dalam pengertian yang sesunguhnya. 4. Mencoba mengaitkan antara teori atau konsep-konsep yang diberikan di kampus dengan dunia kerja praktis dilapangan.
C. Manfaat Praktek Kerja Lapangan Adapun manfaat dari PKL sebagai berikut : 1. Bagi penulis a. Memperkaya khasanah praktis dunia Administrasi Bisnis, sehingga setelah lulus dari pendidikan akan lebih siap untuk bekerja. b. Memotivasi penulis untuk terjun kebidang Administrasi Bisnis baik sebagai wirausaha muda yang membuka usaha sendiri atau menduduki jabatan yan sudah berjalan. 2. Bagi program studi Administrasi Bisnis: Kegiatan PKL ini penuh dengan pengalaman praktis yang sangat bermanfaat bagi pengembangan kurikulum dan pengembangan konsep-konsep atau teori-teori yang terkait dengan bidang Administrasi Bisnis. 3. Bagi perusahaan tempat PKL: Kegiatan PKL ini diharapkan dapat memberikan manfaat melalui masukan-masukan yang berguna untuk pengembangan perusahaan yang digagas oleh penulis atau melalui kerja sama lebih jauh dengan program studi Administrasi Bisnis khusus nya dan Universitas Pasir Pengaraian umumnya. BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN A. Sejarah Bank PD. BPR Sarimadu Bank PD.BPR sarimadu sebagaimana yang terlihat saat ini merupakan produk sejarah yang lahir tidak dengan sendirinya. Dalam proses perjalanannya, BANK PD.BPR Sarimadu semula bernama badan kredit kecamatan ( BKK ) Ujung Batu , kemudian berubah menjadi institusi perbankan yang bernama badan perusahaan rakyat ( PD ), Bank Perkreditan Rakyat ( BPR ) Ujung Batu, dan pada akhirnya menjadi BANK Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sarimadu. Pada tahun 1989, pemerintah daerah tingkat 1 Riau membuat program pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan perkonomian masyarakat ekonomi lemah melalui lembaga keuangan. Atas nama gubernur kepala daerah tingkat 1 Propinsi Riau dengan surat keputusannya yang bernomor 690/IX/1986 membentuk badan kredit Kecamatan 1 ( satu ) unit disetiap kabu Paten ( daerah tingkat 11 ) sepropinsi Riau. Menindaklanjuti keputusan Gubernur ini, Bupati kepala daerah tingkat II Kampar melalui surat keputusan No. 41/V/perek/1987, merupakan badan kredit kecamatan ( BKK ) di kabupaten daerah tingkat 11 Kampar ditempatkan di Ujung Batu. Yang ketika itu masuk dalam wilayah kecamatan tandun ( saat ini kecamatan Ujung Batu ) dengan nama badan kredit kecamatan ( BKK ) Ujung Batu memiliki modal operasional sebesar Rp.10.000.000,00 ( sepuluh juta rupiah). Badan kredit kecamatan ( BKK ) ini bergerak sebagai lembaga keungan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan dan memberikan bantuan modal kepada masyarakat ekonomi rendah yang potensial untuk dikembangkan sebagai pinjaman. Dengan adanya kebijakan pemerintah repoblik indonesia dibidang perbankan yang dikenal sebagai paket kebijakan oktober 1988, maka berdasarkan surat keputusan menteri keuangan repoblik indonesia No.1064/KMK,00/1988tentang pendirian dan usaha BANK perkreditan rakyat tertanggal 27 oktober 1988, badan kredit kecamatan dan usaha yang sejenisnya dapat ditingkatkan statusnya menjadi Perusahaan Daerah (PD ) Bank Perkreditan Rakyat ( BPR ).berdasarkan kebijakan tersebut, gubernur kepala daerah tingkat 1 propinsi riau melalui surat keputusan No.539/PSD/86.18 tanggal 18 dsember 1988 mengintruksikan kepada bupati kepala daerah tingkat 11, untuk mempersiapkan pendirain BANK PD. Bank Perkreditan Rakyat wilayah masing-masing. Sejalan dengan persiapan tersebut, gubernur kepala daerah telah menyerahkan badan kredit kecamatan kepada pemerintah daerah kebupaten tingkat 11 masing-masing dan selanjutnya bagi badan kredit kecamatan ( BKK ) yang potensial agar ditingkatkan statusnya menjadi bank perkreditan rakyat. Berdasarkan kebijakan gubernur kepala daerah tingkat 1 propinsi Riau tersebut, bupati kepala daerah tingkat 11 kabupaten Kampar mempersiapkan akte pendirian perusahaan daerah ( PD ) Bank perkreditan rakyat ( BPR ) Ujung Batu dalam bentuk peraturan daerah kabupaten tingkat II Kampar No.03 tahun 1989. Dengan demikian perusahaan daerah ( PD ) Bank Perkreditan Rakyat ( BPR ) Ujung Batu merupakan perusahaan daerah ( PD ) Bank perkreditan rakyat ( BPR ) milik pemerintah daerah tingkat 11 Kampar berdasarkan peraturan daerah tingkat 11 Kampar No.03 tahun 1989dan beroperasi berdasarkan surat keputusan menteri keuangan Repoblik Indonesia No. Kep. 067/KM.13/92 tentang izin operasional perusahaan daerrah ( PD ) Bank Perkreditan Rakyat ( BPR ) Ujung Batu tanggal 16 maret 1992.dengan izin tersebut , Bank PD. BPR Ujung Batu mulai beroperasi pada bulan mei 1992. Dalam menjalankan operasionalnya, Bank PD. BPR Ujung Batu mendapatkan pembinaan dan dukungan dari berbagai pihak. Diantaranya adalah dari Bank BPD Riau dan dari Bank Indonesia ( BI ) cabang pekanbaru. Dalam perkembangan selanjutnya Bank PD.BPR sarimadu senantiasa mengalami kemajuan pesat. Semula dari BKK dan selanjutnya berubah status menjadi lembaga perbankan ( BPR ). Dalam rangka pengembangan perusahaan Bank PD.BPR Sarimadu yang berpusat di bangkinag, membuka sejumlah kantor pelayanan kas dan kantor cabang. Dikantor pusat bangkinang, terdapat sejumlah kantor pelayanan kas. B. Tujuan Visi dan Misi Bank. PD. BPR Sarimadu 1. Tujuan Bank Perkreditan Rakyat Sarimadu Adapun beberapa tujuan dari Bank PD.BPR Sarimadu yaitu : a. Menumbuh kembangkan usaha ekonomi masyarakat secara sehat dan wajar. b. Mendidik karyawan agar memiliki kemauan,kemampuan,dan kejujuran serta menguasai bidang tugas,lokasi dan karakteritik masyarakat secara jelas. c. Kegiatan yang dilakukan di bank dalam memberi pinjaman kepada masyarakat secara langsung merupakan suatu kerja sama dan pembinaan yang berkelanjutan dari pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi ekonomi masyarakat kabupaten Kampar. d. Memberikan kontribusi pendapatan secara langsung dan tidak langsung berupa setoran bank kepada pemerintah daerah kabupaten Kampar.

2. Visi dan Misi
Bank Perkreditan Rakyat Sarimadu Untuk mewujudkan tujuan tersebut, bank PD.BPR Sarimadu Cabang Ujung Batu menetapkan visi dan misi bisnis atau usahanuya.visi dan misi bank PD.BPR sarimadu dalam menjalankan bisnisnya atau usahanya ialah : Visi: Bank PD.BPR Sarimadu merupakan wahana pembangunan ekonomi daerah yang berbasis kerakyatan melalui optimalisasi pelayanan perbankan.

Misi:
a. Peningkatan mutu sumber daya manusia secara profesional,memiliki kemauan,kemampuan, dan kejujjuran serta berahlak mulia dan memiliki loyalitas yang tinggi.
b. Sistem manajemen dan operasional bank yang menuju kepada peningkatan pelayanan yang berkualitas dengan berpedoman kepada manajemen resiko.
c. Penyedian kredit untuk menumbuh kembangkan usaha ekonomi masyarakat yang berbasis kerakyatan secara sehat dan wajar.
d. Memberi rasa aman, nyaman dan menguntungkan kepada masyarakat sebagai pemegang amanah dan kepercayaaan penyimpanan dana.
e. Pemupukan permodalan yang dibaringi dengan peningkatan kontribusi bagian laba sebagian pendapatan asli daerah kabupaten Kampar,baik langsung maupun tidak langsung sebagai inplementasi dari pembinaan yang berkelanjutan.
f. Peluasan wilayah kerja dengan merealisasikan pembukaan kantor cabang dan kantor kas pada lokasi yang potensial,strategis dan dekat dengan nasabah.

C. Struktur Organisasi Bank PD. BPR Sarimadu Pasir Pengaraian
Adapun struktur organisasi PD. BPR Sarimadu Pasir Pengaraian sebagai berikut: 1. Pimpinan Cabang Pimpinan cabang bertugas menjalankan tugas kegiatan usaha sehari-hari dan bertangung jawab atas jalan nya usaha tersebut.pimpinan cabang akan memberikan laporan pertangung jawaban langsung kepada direktur utama. Untuk kelancaran jalannya kegitan usaha perbankan pimpianan cabang dibantu oleh seksi-seksi dan masing-masing seksi dipimpin oleh seorang pemimpin seksi yang bertangung jawab langsung pada pimpinan cabang. 2. Seksi Operasional Seksi operasional merupkan seksi yang bertangung jawab untuk melaksanakan kegiatan operasional bank dalam hal pembukuan dan pelaporan keuangan bank, bertangung jawab terhadap sistem jaringan yang digunakan dan menyusun rencana kerja dan anggaran bank. Seksi ini terdiri dari pelaksana pembukuan, pelaksan pelaporan, pelaksan rumah tangga dan pelaksan personalia. 3. Seksi kredit Seksi kredit merupakan seksi yang bertangung jawab terhadap perkreditan yang meliputi administrasi kredit seperti prosedur kredit, analisa kredit, perencanaan kredit , dan mengatasi kredit bermasalah. 4. Seksi Dana/kasir Seksi dana merupakan seksi yang bertugas untuk memonitor perkembangan dana seperti keluar masuk dana. Seksi ini terdiri dari pelaksanaan tabungan dan deposito. 5. Kantor Pelayanan Kas Kantor pelayanan kas merupakan perpanjangan tangan bank dikantor cabang yang melakukan kegiatan operasional bank terikat dengan prekereditan. D. Aktivitas Perusahaan Bank PD. BPR. Sarimadu merupakan Bank perkreditan Rakyat yang mempunyai kantor pusat dibangkinang. Untuk lebih memperluas dan memperbanyak nasabah maka bank PD. BPR. Sarimadu membuka kantor cabang di Ujung Batu, Pekanbaru serta membuka kantor pelayanan kas di Pasir Pengaraian, Dalu-Dalu, dan Kabun. Adapun jenis kegiatan yang dilakukan Bank PD. BPR. Sarimadu Ujung Batu sebagai berikut : 1. Pinjaman Kredit Pemberian kreddit yang ada di Bank PD. BPR. Sarimadu Pasir Pengaraian sebagai berikut : a. Kredit bulanan Kredit bulanan terbagi menjadi dua bagian yaitu kredit umum ( Kredit Perdagangan, Perkebunan dan Jasa ) dan kredit konsumtif (pegawai negeri dan karyawan BUMN dan BUMD) b. Kredit bakulan Jenis kredit ini diberikan untuk para pedagang kecil yang jumlah pinjamannya relatif kecil seta pembayaran kreditnya dilakukan setiap minggu. 2. Tabungan Selain memberikan kredit kepqada nasabah, bank ini juga memberikan pasilitas berupa tabungan yaitu TAMASA dan SIMPEL. 3. Deposito Bank sarimadu juga memberikan layanan simpanan jangka (deposito) kepada masyarakat. 4. Fasilitas lainnya yang diberikan oleh Bank PD. BPR. Sarimadu Pasir Pengaraian adalah penjualan pulsa. E. Struktur Organisasi BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN A. Uraian Kegitan Selama PKL Bank PD .BPR Sarimadu pasir pengaraian menyelengarakan program penerimaan mahasiwa/mahasiswi yang akan melaksanakn PKL diperusahaan ini.pelaksanaan PKL di bank PD.BPR sarimadu Pasir Pengaraian merupkan salah satu tugas dan tangung jawab perusahaan dalam dunia pendidikan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan handal. Sebelum penulis terjun kelapangan untuk melaksankan PKL maka terlebih dahulu pembimbing lapangan memberikan informasi tentang peraturan yang berlaku diperusahaan dan wajib diikuti oleh penulis.adapun peraturan-peraturan yang berlaku di Bank PD.BPR.Sarimadu Pasir Pengaraian sebagai berikut: 1. Masuk kerja pukul 07.45 wib dan keluar pada pukul 16.30 wib dari hari senin sampai hari jumat 2. Selalu menjaga nama baik perusahaan 3. Tidak membocorkan data perusahaan yang bersifat rahasia pada pihak luar 4. Selama bekerja pakain harus rapi dan sopan 5. Menunjukan hasil kerja yang baik bagi perusahaan 6. Bekerja secara disiplin,jujur, dan teliti 7. Bersedia menjaga dan memilihara seluruh harta atau perlengkapan pekerjaan yang dipercayakan kepada saya 8. Jika terjadi kerugian bank akibat kekeliruan atau kesalahan dalam melaksanakan tugas maka harus bersedia menganti atau menyelesaikan kerugian tersebut B. Tabel Kegiatan Selama PKL Berikut ini tabel kegitan yang dilakukan oleh penulis selama 9 minggu melaksanakn PKL di Bank PD.BPR. Sarimadu pasir Pengaraian. 1. Aktivitas minggu I ( 01 Oktober s/d 05 Oktober 2012) Adapaun aktivitas penulis pada minggu I dijelaskan pada tabel berikut : Tabel. 3.1 Aktivitas PKL minggu 1 No Hari/tanggal Kegiatan Bagian 1 Senin/01 Oktober 2012 1. Penempatan magang 2. Arahan serta penjelasan peraturan-peraturan dari kepala bank PD.BPR Sarimadu pasir Pengaraian 3. Memperkenal kan diri 4. Menyusun arsip 5. Pengisian slip setoran 6. Mempelajari cara memasukan data s.i.d/formulir pengajuan kredit nasabah Kredit Kasir penjualan 2 Selasa/02 Oktober 2012 1. Breafing+perkenalan diri secara formal serta pengarahan dari kepala bank pd.bpr sari madu dan karyawan 2. pengisian slip setoran 3. Pergi kunjungan ke SMK N .1 Rambah mengambil tabungan siswa 4. Pengisian buku akad kredit bakulan 5. Registerasi kredit wirausaha 6. Menginput data Kredit Kasir penjualan 3 Rabu/03 Oktober 2012 1. Transaksi rekening listrik 2. Kelapangan dalam rangka meminta tagihan ktredit 3. Menyusun arsip 4. Pengisian buku akad kredit bakulan 5. Registererasi Penjualan Kredit Kasi 4 Kamis/04 Oktober 2012 1. Transaksi rekening listrik 2. Pengisian slip setoran 3. Menyusun arsip transaksi pengisian pulsa pln 4. Membeli materai Penjualan Kasir Kredit 5 Jumat/05 Oktober 2012 1. Membaca yasin 2. Transaksi rekening listrik 3. Menyusun arsip 4. Pengisian slip penyetoran 5. Membantu membenah ruangan 6. Pengisian slip bukti penyetoran rekening listrik prabayar Penjualan Kasir Kredit 2. Aktivitas minggu II ( 08 Oktober s/d 12 Oktober 2012) Adapaun aktivitas penulis pada minggu II dijelaskan pada tabel berikut : Tabel. 3.2 Aktivitas PKL minggu II no Hari/tanggal Kegiatan Bagian 1 Senin/08 Oktober 2012 1. Mengisi keterangan kesehatan asuransi nasabah 2. Pengisian slip penyetoran 3. Transaksi rekening listrik PLN 4. Pengisian buku akad kredit bakulan 5. Mengambil print 6. Mengambil kredit nasabah di kaiti dan kaiti 1 7. Membantu mencari buku tbungan nasabah Kredit Penjualan 2 Selasa/09 oktober 2012 1. Breafing 2. Transaksi rekening listrik 3. Pengisian slip setoran dan slip transfer 4. Mengarsip bukti transaksi rekening listrik Penjualan Kredit Kasir 3 Rabu/10 Oktober 2012 1. Mengisi slip transfer 2. Mengisi slip penyetoran 3. Pergi kunjungan ke SMK N.1 Rambah mengambil tabungan siswa 4. Transaksi rekening listrik 5. Pengisian buku akad kredit bakulan 6. Ngeprint report/laporan transaksi rekening listrik Kredit Penjualan Kasir 4 Kamis/11 oktober 2012 1. mengisi buku akad bakulan kredit 2. transaksi rekening listrik 3. pengisian slip transfer 4. pengisian slip penyetoran 5. pengisian slip penarikan 6. mengarsip transaksi rekening listrik Kredit Penjualan Kasir 5 Jumat/12 oktober 2012 1. mengisi slip penyetoran Kredit 3. Aktivitas minggu III (15 Oktober s/d 19 Oktober 2012) Adapaun aktivitas penulis pada minggu III dijelaskan pada tabel berikut : Tabel. 3.3 Aktivitas PKL minggu III no Hari/tanggal Kegiatan Bagian 1 Senin/15 Oktober 2012 1. Mengisi buku akad bakulan kredit 2. Pengisian slip penyetoran 3. Mencari buku tabungan nasabah 4. Transaksi rekening listrik 5. Mengambil print Kredit Penjualan Kasir 2 Selasa/16 Oktober 2012 1. Breafing 2. Pengisian slip penyetoran 3. Mencari buku tabungan nasabah 4. Mengambil print 5. Mengeprint riport transaksi rekening listrik 6. Melakukan transaksi rekening listrik 7. Mengikuti kariwan Bank ke Bank Riau Kredit Kasir Penjualan 3 Rabu/17 Oktober 2012 1. Pengisian slip penyetoran 2. Transaksi rekening listrik 3. Mengeprint riport rekening listrik 4. Mengisi buku akad bakulan kredit 5. Mengisi asuransi nasabah 6. Mengisi slip bukti penyetoran Kredit Penjualan Kasir 4 Kamis/18 Oktober 2012 1. Izin tidak masuk karna hujan 5 Jumat/19 Oktober 2012 1. Membaca yasin 2. Transaksi rekening listrik 3. Mengisi slip penerimaan setoran 4. Meregister buku 4.1 kredit usaha 5. Mengambil buku tabungan tamasa/tabungan masyarakat 6. Pengisian slip penyetoran 7. Pengisian slip penarikan 8. Mengeprint riport/mengeprint bukti transaksi rekening listrik 9. Mengisi formulir asuransi nasabah Penjualan Kredit Kasir 4. Aktivitas minggu IV (22 Oktober s/d 26 Oktober 2012) Adapaun aktivitas penulis pada minggu IV dijelaskan pada tabel berikut : Tabel. 3.4 Aktivitas PKL minggu IV no Hari/tanggal Kegiatan Bagian 1 Senin/22 Oktober 2012 1. Mengisi buku akad bakulan kredit 2. Pengisian slip penyetoran 3. Pengisian slip transfer 4. Pengisian slip penarikan 5. Mengambil pesimen/buku pembuka tabungan 6. Mencari buku tabungan nasabah 7. Mengambil print Kredit 2 Selasa/23 Oktober 2012 1. Mengambil signature transfer slip 2. Mencari buku tabungan nasabah 3. Merigister buku tabungan tamasa/tabungan masyarakat 4. Transaksi rekening listrik 5. Mengisi slip penyetoran 6. Mengisi slip transfer 7. Mengisi slip buku pembayaran/ penyetoran 8. Mengantar uang ke bank RIAU 9. Menyusun berkas permohonan yang telah di cair kan dan meminta tanda tangan buku akad kredit nasabah Kredit Penjualan Kasir 3 Rabu/24 Oktober 2012 1. Transaksi rekening listrik 2. Mengisi slip penyetoran 3. Mengisi slip transfer 4. Mengimput data 5. Mengisi buku akad kredit bakulan 6. Mengambil print 7. Mengisi slip bukti penyetoran mingguan Penjualan Kredit 4 Kamis/25 Oktober 2012 1. Transaksi rekening listrik 2. Mengisi slip penyetoran 3. Mengisi buku akad kredit bakulan 4. Mencari buku tabungan nasabah 5. Mengisi slip bukti penyetoran mingguan 6. Mengambil print Penjualan Kredit 5 Jumat/26 Oktober 2012 1. Libur bersama hari raya idul adha 5. Aktivitas minggu V (22 Oktober s/d 26 Oktober 2012) Adapaun aktivitas penulis pada minggu V dijelaskan pada tabel berikut : Tabel. 3.5 Aktivitas PKL minggu V no Hari/tanggal Kegiatan Bagian 1 Senin/29 Oktober 2012 1. Transaksi rekning listrik 2. Mengisi slip penyetoran 3. Mengambil aplikasi buku tabungan 4. Mengeprint riport/laporan transaksi rekening listrik 5. Menyusun arsip Penjualan Kredit Kasir 2 Selasa/30 Oktober 2012 1. Briving 2. Mengisi slip penyetoran 3. Mengisi slip penarikan 4. Pergi ke SMK N.1.Rambah mengambil tabungan simpel 5. Mengarsip transaksi rekening listrik Kredit Kasir 3 Rabu/31 Oktober 2012 1. Transaksi rekening listtrik 2. Mengisi slip penyetoran 3. Mengisi slip penarikan 4. Mengisi slip bukti penyetoran 5. Pergi ke kantor Polisi menyerah kan surat tagihan 6. Mengeprint report/laporan transaksi rekening listrik 7. Mengarsip transaksi rekening listrik Penjualan Kredit Kasir 4 Kamis/01 November 2012 1. Transaksi rekening listrik 2. Mengisi slip peenyetoran 3. Mengisi buku register 4.4 dan 4.1 4. Pergi ke MAN 1.Pasir Pengaraian mengambil tabungan simpel 5. Mengisi aplikasi pembuka tabungan simpel 6. Mengarsip 7. Mengarsip transaksi rekening listrik Penjualan Kredit Kasir 5 Jumat/02 November 2012 1. Mengarsip Kasir 6. Aktivitas minggu VI (05 November s/d 09 November 2012) Adapaun aktivitas penulis pada minggu VI dijelaskan pada tabel berikut : Tabel. 3.6 Aktivitas PKL minggu VI no Hari/tanggal Kegiatan Bagian 1 Senin/05 November 2012 1. Mengisi slip transfer 2. Mengisi slip penarikan 3. Mengisi slip trnsfer 4. Mengisi buku akad bakulan kredit 5. transaksi rekening listrik Kredit Penjualan 2 Selasa/06 November 2012 1. Mengisi slip penyetoran 2. Mengisi slip transfer 3. Mengisi Slip penyetoran pulsa listrik 4. Transaksi rekening listrik 5. Mengambil print Kredit Penjualan 3 Rabu/07 november 2012 1. Mengisi slip penyetoran 2. Mengisi slip transfer 3. Mengisi slip penarikan 4. Mengisi buku akad bakulan kredit 5. Meminta tandatangan nasabah dalam akad kredit 6. mengarsip transaksi rekening listrik Kredit Kasir 4 Kamis/08 November 2012 1. Mengisi slip penarikan 2. Mengisi slip penyetoran 3. Mengisi slip bukti ppenyetoran mingguan 4. Transaksi rekening listrik 5. Pergi ke man 1. Pasir pengaraian mengambil tabungan simpel 6. Menyusun arsip Kredit Penjualan Kasir 5 Jumat/09 November 2012 1. Mengarsip Kasir 7. Aktivitas minggu VII (12 November s/d 16 November 2012) Adapaun aktivitas penulis pada minggu VII dijelaskan pada tabel berikut : Tabel. 3.7 Aktivitas PKL minggu VII no Hari/tanggal Kegiatan Bagian 1 Senin/12 November 2012 1. Mengisi slip penyetoran 2. Transaksi rekening listrik 3. Mengisi slip bukti penyetoran rekening listrik 4. Mengarsip Kredit Penjualan Kasir 2 Selasa/13 November 2012 1. Briving 2. Mengisi slip penyetoran 3. Mengisi slip penarikan 4. Transaksi rekening listrik 5. Mengisi slip bukti penyetoran pulsa pln listrik 6. Mengisi slip bukti penyetoran mingguan 7. Mengarsip Kredit Penjualan Kasir 3 Rabu/14 November 2012 1. Mengisi slip penyetoran 2. Mengarsip transaksi rekening listrik 3. Mengisi slip bukti penerimaan setoran 4. Transaksi rekening listrik 5. Mengeprint riport/laporan transaksi rekeng listrik Kredit Penjualan Kasir 4 Kamis/15 November 2012 1. Libur tahun baru hijriah 1413 h 5 Jumat/16 November 2012 1. Libur cuti bersama 8. Aktivitas minggu VIII (19 November s/d 23 November 2012) Adapaun aktivitas penulis pada minggu VIII dijelaskan pada tabel berikut : Tabel. 3.8 Aktivitas PKL minggu VIII No Hari/tanggal Kegiatan Bagian 1 Senin/19 November 2012 1. Mengisi slip penyetoran 2. Mengisi slip transfer 3. Pengecekan rekening listrik 4. Membantu nasabah mengisi aplikasi pembuka tabungan 5. Mengisi slip bukti penyetoran transaksi rekening listrik/pulsa pln 6. Mengisi buku akad kredit bakulan Kredit Penjualan Kasir 2 Selasa/20 November 2012 1. Izin “ Rapat “ 3 Rabu/21 November 2012 1. Mengisi slip penyetoran 2. Transaksi rekening listrik 3. Mengambil print 4. Mengarsip Kredit Penjualan Kasir 4 Kamis/22 November 2012 1. Mengisi slip penyetoran 2. Mengisi slip penarikan 3. Mengisi slip bukti penyetoran mingguan 4. Mengisi slip bukti penyetoran pulsa listrik 5. Transaksi rekening listrik Kredit Penjualan 5 Jumat/23 November 2012 1. transaksi rekening listrik 2. Mengisi slip transfer 3. Mengisi buku akad bakulan kredit Penjualan Kredit 9. Aktivitas minggu IX (26 November s/d 30 November 2012 ) Adapaun aktivitas penulis pada minggu IX dijelaskan pada tabel berikut : Tabel. 3.9 Aktivitas PKL minggu IX no Hari/tanggal Kegiatan Bagian 1 Senin/26 November 2012 1. Melakukan transaksi rekening listrik 2. Mengisi buku akad bakulan kredit 3. Mengisi slip penyetoran 4. Mengisi slip transfer 5. Mengisi slip penarkan 6. Mengisi slip penyetoran rekening listrik Penjualan Kredit 2 Selasa/27 November 2012 1. Mengisi slip penyetoran 2. Transaksi rekening listrik Kredit Penjualan 3 Rabu/28 November 2012 1. Mengisi slip penyetoran 2. Mengisi slip transfer 3. Mengisi slip penarikan 4. Transaksi rekening listrik 5. Pergi ke MAN 1 Pasir Pengaraian mengambil tabungan simpel 6. Mengarsip transaksi rekening listrik Kredit Penjualan Kasir 4 Kamis/29 November 2012 1. Mengisi slip penyetoran 2. Mengisi slip transfer 3. Mengarsip Kredit Kasir 5 Jumat/30 November 2012 1. Transaksi rekening listrik 2. Mengisi slip penyetoran 3. Mengisi slip bukti penyetoran pulsa listrik 4. Perpisahan anak magang bersama kariawan dan pimpinan Penjualan Kredit Adapun uraian kegiatan yang penulis laksanakan selama PKL di Bank PD.BPR Sarimadu pasir pengaraian sebagai berikut : 1. Penempatan Magang dan Perkenalan Sebelum melaksanakn kegiatan PKL, penulis diperkenalkan terlebih dahulu dengan pimpinan, karyawan-karyawati yang ada di bank PD.BPR Sarimadu pasir pengaraian untuk menjalin keakrabatan dan kemudahan berkomunikasi dalam bekerja. Selanjutnya penulis ditempatkan dibagian Customer Service dan selanjutnya penulis diberi pengarahan tentang waktu masuk kerja pada jam 07,45 WIB dan istirahat pada jam 12.30 s/d 13.30, kemudian masuk lagi s/d 16.30 WIB setiap harinya. Mahasiswa yang melaksankan PKL disetiap hari nya jika ada keperluan keluar wajib terlebih dahulu minta izin kepada pimpinan bank. 2. Mengisi Slip Setoran Kredit dan Setoran Tunai Nasabah Bagi nasabah yang membayar kredit tanpa membawa slip penyetoran kuning pada bulan sebelumnya atau bagi para nasabah yang baru pertama kali membayar setoran kredit bulanan maka penulis harus menginput data aplikasi pinjaman melalui rekening koran nasabah yang telah tersedia di komputer.kemudian setelah data rekening koran ditemukan penulis segera mencatat ke dalam slip setoran kredit yang berjumlah 3 lembar yaitu putih, merah, dan kunig. 3. Meregister Permohonan Masuk Pinjaman Kredit Meregister permohonan masuk, penulis harus mengecek persyaratan yang telah dilampirkan oleh calon nasabah, meliputi : a. Pas photo suami dan istri ( 2 lembar ) b. Foto copy ktp suami istri ( 4 lembar ) c. Surat jaminan d. Surat permohonan pinjaman e. Foto copy kartu keluarga ( 2 lembar ) f. Map dua lembar stelah syarat-syarat tersebut dilengkapi kemudian penuis harus mengisi register permohonan pinjaman sesuai dengan kredit yang diajukan. 4. Mengisi Slip Penarikan Tunai Penulis diberikan kesempatan oleh bagian pelayanan untuk mengisi slip penarikan tabungan yang ingin menarik tabungannya.data-data yang dimasukkan adalah : tanggal, nomor rekening, atas nama, keterangan, jumlah dan tandatangan pejabat bank serta nasabah pemilik rekening. 5. Mengisi Slip Pengiriman Dana ( Transfer ) Data-data yang ditulis dalam slip transfer yaitu : tanggal, no rekening tujuan. Nama, bank, kota yang akan dituju, nama pengirim, alamat, dan nomor telepon. Jika pengirim dibawa Rp. 5000.000;00 maka dikenakkan biaya sebesar Rp. 7.500;00 dan diatas Rp.5.000.000;00 dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000;00. 6. Membantu Nasabah Membuka Rekening Tabungan Formulir aplikasi pembuka rekning tabungan adalah pengisian data yang dimasukkan diantaranya : nama penabung, tempat tanggal lahir, pekerjaan, nomor bukti diri, alamt, dan nomor telepon, ahli waris. 7. Menyimpan Dan Mencari Arsip Apabila ada nasabah yang ingin mengajukan kredit berkasnya akan disimpan didalam berkas arsip, dan kemudian apabila ada nasabah yang telah melunasi kreditnya maka penulis akan mencari bahannya didalam berkas arsip. 8. Mencari Buku Tabungan Nasabah Disetiap kali nasabh ingin menyetor atau pun ingin melakukan penarikan yang mana pada sebelum nya nasabah meninggal kan buku tabungannya dibank maka penulis mencari buku tabungan nasabah tersebut dan membantu mengisikan slip penyetoran ataupun slip penarikan. 9. Transaksi Rekening Listrik Di Bank PD.BPR.Sari madu penulis diberi kepercayaan untuk melakukan transaksi rekening listrik, yang mana untuk melakukan transaksi rekening listrik ini mengunakan aplikasi yang tersedia pada komputer , sebelum melakukan transaksi rekening listrik terlebih dahulu penulis mengatur tgl dan jam nya terlebih dahulu dan setelah itu baru membuka aplikasi transaksi rekeng listrik. Transaksi rekning listrik dibuka mulai jam 07.45 s/d 12.30. 10. Mengeprint Repor/Laporan Transaksi Rekening Listrik Setelah transaksi rekening listrik ditutup maka penulis diwajib kan untuk mengeprin hasil transaksi rekening listrik pada hari tersebut, dan hasil laporan tersebut penulis serah kan kepada kasir. 11. Breafing Setiap hari selasa pagi akan diadakan breafing yang membahas hal-hal yang dianggap penting, pemecahan masalah, ataupun berbagi informasi dari bagian-bagian yang ada didalm bank. 12. Wirid Yasin Mingguan Setiap hari jumat Bank PD.BPR.Sarimadu mengadakan wirid yasin bersama seluruh karyawan, setelah pembacaan surat yasin dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu karyawan bank yang hadir pada saat itu, dan setiap satu bulan sekali diadakan ceramah bersama ustad. 13. Pergi Ke SMK Negeri 1 Rambah dan Man Rambah Pergi menjemput dan mengantar kan tabungan SIMPEL ( simpanan pelajar ) setiap hari selasa dan rabu, ke smk N 1 rambah dan MAN. 14. Kelapangan Mengambil Kredit Nasabah Selama penulis melakukan PKL di Bank PD.BPR.sari madu penulis diberi kesempatan oleh kariyawan Bank PD.BPR.sarimadu untuk pergi mengambil kredit nasabah bersama kariayawan bank,penulis banyak menemukan berbagai macam kreteria nasabah yang harus menjadi tantangan bagi penulis dalam melakukan penagihan tersebut. 15. Mengarsip Mengarsip merupakan kegiatan yang sering penulis kerja kan yang penulis arsip disini berupa : print out transaksi rekening listrik,aplikasi pembuka tabungan,hasil print out NPL harian,slip penyatoran yang telah di tandatangan oleh kepala kas,slip penarikan yang telah ditanda tangan kepala kas,slip transfer yang telah ditanda tangan kepala kas. 16. Mengisi Buku Akad Kredit Bakulan Mingguan Penulis diberi kepercayaan oleh kasi kredit unutk mengisi buku akad bakulan kredit mingguan,buku akad kredit bakulan mingguan berisi tentang penjelasan perjanjian kredit yang harus di ikuti oleh nasabah selama nasabah melakukan kredit . 17. Meminta Tanda Tangan Nasabah Pada saat pencairan akan dilakukan kasi kredit memberi kepercayaan kepada penulis untuk meminta tanda tangan nasbah dalam menanda tangani akad kredit, yang mana akad kredit ini berisi tentang perjanjian-perjanjian yang harus di ikuti atau dipatuhi selama nasabah memiliki kredit pada Bank PD.BPR sari madu. Sebelum penulis meminta tanda tangan nasabah tersebut terlebih dahulu penulis melengket kan materai pada kertas yang akan di tanda tangani oleh nasabah sebanyak lebih kurang 6 lembar. 18. Menginput Data Kasi kredit memberi kepercayaan kepada penulis dalam menginput data,data yang di input berupa data kredit nasabah,proses in put data ini mengunakan microsof xl. 19. Melayani Nasabah Penulis di beri kesempatan untuk melayani nasabah yang ingin mengajukan permohonan kredit,terlebih dahulu sebelum penulis lebih jauh menjelas kan syarat-syarat kredit terlebih dahulu penulis menganalisa nasabah terlebih dahulu layak atau tidak nasabah tersbut diberi kredit,setelah penulis mengetahui layak atau tidak nya penulis baru menjelas kan persyaratan kredit nya,persyaratan kredit berupa : a. Pas photo suami dan istri ( 2 lembar ) b. Foto copy KTP suami istri ( 4 lembar ) c. Surat jaminan d. Surat permohonan pinjaman e. Foto copy kartu keluarga ( 2 lembar ) f. Map dua lembar 20. Mengisi Asuransi Jiwa Setiap Penulis mengisi buku akad kredit bakulan yang lebih dari nominal pinjaman 3000.000 maka penulis wajib mengisi asuransi jiwa. Asuransi jiwa berlaku kepada nasabah yang meminjam lebih dari Rp. 3000.000;00 dan asuransi jiwa ini berlaku selama 6 bulan di hitung mulai nya nasabah mengambil uang/ meminjam uang. Disini asuransi jiwa berfungsi untuk menghindari yang tidak di ingini ,seperti jika nasabh meninggal dunia maka hutang yang ada di bank tidak diberat kean lagi kepada nasabah namun hutang tersebut di angap lunas. C. Deskripsi Permasalahan Di Lapangan Selama melakukan PKL di Bank PD.BPR Sarimadu pasirpengaraian penulis menemukan permasalahan , diantaranya : 1. Kurang nya fasilitas komputer pada bagian customer service ( CS ) Sehingga menghambat kelancaran pelayanan terhadap nasabah, karena hanya ada dua komputer dibagian CS, yang harus berbagi dengan bagiankepala seksi dana dan kredit bakulan, sebaiknya ditambah 1 unit lagi kommputer, sehingga memudahkan bagian CS dalam melakukan pelayanan terhadap nasabah. 2. Kurangnya promosi terhadap produk-produk yang ada di Bank PD.BPR sarimadu pasirpengaraian, karena tidak adanya agenda pasti dalam mempromosikan produk-produk Bank PD.BPR sarimadu, sebaiknya dibuat agenda bulanan untuk mempromosikan produk-produk pada Bank PD.BPR Sarimadu terutama tabungan SIMPEl ( Simpanan Pelajar ) dan kredit unggulan karena merupakan produk unggulan dari Bank PD.BPR sarimadu, sehingga semakin dikenal oleh masyarakat. 3. Kurangnya tenaga kerja dibagian customer service, karenahanya ada dua karyawanpadabagian customer service karena banyaknya pekerjaanyang dilkaukan oleh customer service, diantranya mengisi slip tabungan baru ataupun penggantian buku, meregister permohonan kredit, dan serahterima bahan baik kepada kantor kas, nasabah maupun kepada notaris, sebaiknya ditammbah 1 lagi karyawan pada bagian arsip sehingga bagian customer service tidak perlulagi mencari ataupun menyusunarsip dirungan penyimpanan arsip. 4. Penyusunan arsip yang kurang rapi, dan tempatnya penyimpanannya yang terbatas, dan setiap kantor kas di Rokan Hulu menyimpan arsipnya dikantor cabng Bank PD.BPR Sarimadu pasir pengarian,sebaiknya penyimpanan arsip dibagi berdasarkan setiapkantor kas, dan ditamabh lagi berkas tempat penyimpanan arsip menimal setiap kantor kas mempunyai 2 tempat penyimpanan arsip, yang kemudian disusun berdasarkan abjad, sehingga mudah dalam pencariannya. BAB IV PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan uraian yang telah penulis kemukakan dalam laporan ini, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Bank PD.BPR Sarimadu Pasir Pengraian merupakan suatu bank yang bergerak dibidang jasa dengan memberikan fasilitas berupa pinjaman kredit, tabungan dan deposito. 2. Bank PD.BPR Sarimadu Pasir Pengaraian merupakan bank perkreditan rakyat yang berprinsip “membangun ekonomi rakyat” karena tingkat suku bunga yang tidak terlalu tinggi dan dapat membantu perekonomian masyarakat. 3. Pelayanan yang diberikan bank PD.BPR Sarimadu pasir pengaraian lebih bersifat kekeluargaan, sehingga nasabah merasa nyaman melakukan transaksi pada bank PD.BPR sarimadu. 4. Produk unggulan yang ada pada Bank PD.BPR. Sarimadu adalah kredit bakulan, yaitu kredit mingguan yang ditujukan pada masyarakat yang mempunyai penghasilan setiap hari nya, atau berdagang, dan tabungan simpanan pelajar ( SIMPEL ) yang di khusus kan bagi pelajar, mulai dari TK sampai SMA, dan tidak dikenai pajak. 5. Aktivitas yang penulis lakukan selama praktek kerja lapangan di Bank PD.BPR Sarimadu Pasir Pengaraian yaitu penempatan magang dan perkenalan, mengisi slip setoran kredit dan setoran tunai nasabah, meregister permohonan masuk pinjaman kredit, slip transfer slip penarikan, membuka rekening tabungan, menyimpan dan mencari arsip, transaksi rekening listrik, mengeprint riport, breaving, wirid yasin, pergi ke SMK Negeri 1 Rambah dan Man Rambah, kelapangan mengambil kredit Nasabah, mengarsip, mengisi buku akad kredit bakulan, meminta tanda tangan nasabah, menginput data, melayani nasabah, mengisi asuransi jiwa. B. SARAN Beberapa saran yang dapat penulis kemukan kepada PD.BPR.Sarimadu pasir pengaraian: 1. Sebaiknya komputer yang ada dibagian Customer Sevice ditambah, sehingga tidak terhambat nya pelayanan terhadap nasabah, dan memudah kan Customer Service dalam melayani nasabah dan tentu nya dalam pekerjaan nya. 2. Sebaik nya dilakukannya agenda promosi produk-produk yang ada pada PD.BPR.Sarimadu setiap bulannya, agar lebih dikenal oleh masyarakat, terutama kredit bakulan dan tabungan SIMPEL karena merupakan produk unggulan dari Bank PD.BPR.Sarimadu Pasir Pengaraian. 3. Sebaiknya penyusunan arsip lebih rapi yang disusun berdasarkan setiap bagian/bidang pekerjaan nya masin-masing, sehnigga memudahkan dalam pencairan arsip, dan ditambah jumlah brangkas tempat penyimpanan arsip sehingga arsip akan lebih tersusun atau tertata dengan rapi. DAFTAR PUSTAKA Buku Panduan Penulis Laporan Praktek Kerja Lapangan Administrasi Bisnis Http://Www.Sarimadu.Com LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PADA BANK PD.BPR. SARIMADU PASIR PENGARAYAN Oleh : ZULKARNAIN NIM. 1023001 PROGRAM STUDI D III ADMINISTRASI BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PASIR PENGARAYAN 2013 LEMBAR ASISTENSI DIBERIKAN KEPADA : ZULKARNAIN NIM : 1023001 JUDUL : Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di BANK.PD, BPR. Sari Madu DOSEN PEMBIMBING : ARRAFIQ QURAHMAN SE,MM NO HARI/TANGGAL KETERANGAN PARAF HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PADA BANK PD.BPR. SARIMADU PASIR PENGARAYAN Nama : ZULKARNAIN NIM : 1023001 Jurusan : Administrasi Bisnis Bagian : Kredit Kasir Penjualan Telah Diperiksa dan Disetujui Oleh : Dosen Pembimbing Pembimbing Lapangan ARRAFIQUR RAHMAN,SE.MM RUSLINA,SE NIDN.1018108502 Mengetahui, Ketua Program Studi Administrasi Bisnis AFRIZAL,S.Sos NIDN 1020048202 KATA PENGANTAR Bismillahirrohmanirrohim. Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah s.w.t, karena berkat dan rahmat-nya jualah penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan praktek kerja lapangan ( PKL ) yang dilanjutkan untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan matakuliah praktek kerja lapanga. Kegiatan PKL penulis laksanakan selama 9 minggu, mulai tanggal 1 Oktober s/d 30 November 2012 di Bank Pd.BPR. Sarimadu Pasir Pengaraian. selama mengikuti kegiatan PKL cukup banyak pengalaman dan pengetahuan yang baru yang penulis peroleh dan ilmu Administrasi Bisnis yang telah diterima selama dibangku kuliah dapat penulis aplikasikan dalam praktek sebenar nya di lapangan melalui PKL yang penulis lakukan selama lebih kurang 2 bulan. Selama penulisan laporan PKL ini, penulis banyak mendapat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada : 1. Bapak Prof.Dr.Ir,feliatra,Dea, selaku rektor universitas pasir pengaraian 2. Bapak Afrizal S.sos selaku ketua program studi Administrasi Bisnis Universitas Pasirpengaraian 3. Ibu Ruslina.SE selaku kepala kas Bank.PD.BPR.sari madu pasir Pengaraian 4. Orang tua tercinta serta seluruh keluarga yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil dami selesainya penulisan laporan PKL. 5. Bapak Arafiqur Rahman, SE. MM selaku dosen pembimbing. 6. Bapak Nasrizal,SE selaku kasi kredit pada Bank.PD.BPR.sarimadu pasir Pengaraian. 7. Bapak dan ibu dosen serta karyawan-karyawati Universitas Pasir Pengaraian. 8. Karyawan-karyawati Bank PD.BPR.Sarimadu Pasir Pengaraian, yang telah membimbing dan memberikan arahan kapada penulis melakukan PKL. 9. Teman-teman seperjuangan khususnya taman-teman pada program Administrasi Bisnis yang telah ikut membantu dalam penulisan laporan PKL ini. 10. Pihak-pihak lain yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan PKL ini masih belum sempurna.oleh karena itu, penulis sangat mengharpkan saran, kritik dan masukan yag bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan laporan PKL ini di masa yang akan datang. Penulis berharap semoga laporan PKL ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.
Pasir pengaraian, januari 2013 Penulis, ZULKARNAIN NIM. 1023001 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL LEMBAR ASISTENSI HALAMAN PERSETUJUAN KATA PENGANTAR i DAFTAR ISI ii BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang praktek kerja lapangan 1 B. Tujuan praktek kerja lapangan 2 C. Manfaat praktek kerja lapangan 2 D. Sejarah bank PD.BPR.sarimadu 3 E. Tujuan Visi Dan Misi Bank PD.BPR Sarimadu 6 F. Struktur organisasi Bank PD.BPR Sarimadu 8 G. Aktifitas Perusahaan 9 BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN A. Uraian Kegiatan Selama Pkl 11 B. Tabel Kegiatan Selama Pkl 12 BAB III DESKRIPSI PERMASALAHAN DI LAPANGAN A. Permasalahan Selama Pkl 29 BAB IV PENUTUP A. Kesimpulan . 31 B. Saran 31 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar